Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Ekofeminisme (Analisis Isi Kualitatif Artikel Ilmiah “Dimensi Gender dan Keadilan Ekologi dalam Wabah Covid-19 di Indonesia”)

Patmiati, Sari (2021) Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Ekofeminisme (Analisis Isi Kualitatif Artikel Ilmiah “Dimensi Gender dan Keadilan Ekologi dalam Wabah Covid-19 di Indonesia”). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015110_SARI PATMIATI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015110_SARI PATMIATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang muncul di Indonesia pada awal Maret 2020 membuat perubahan pada pola kehidupan di masyarakat. Dalam pembahasan mengenai pandemi Covid-19 jarang sekali pakar yang mengaitkannya dengan eksploitasi lingkungan sebagai penyebabnya. Pembahasan pandemi dalam sudut pandang gender pun kurang massif, padahal sangat jelas bahwa pandemi global Covid-19 menimbulkan berbagai macam dampak pada perempuan. Berita-berita tentang pandemi Covid-19 yang dapat ditemukan setiap hari di berbagai media, hampir tidak ada yang mengulasnya dari aspek ekofeminisme. Kritik melalui buku berisi karya-karya ilmiah sebagai respon terhadap penindasan terhadap perempuan dan alam menjadi jembatan untuk menjawab keterkaitan perempuan dengan alam. Penelitian mengkaji tentang pandemi Covid-19 dari persepektif ekofeminisme. Analisis isi kualitatif artikel ilmiah Dimensi Gender dan Keadilan Ekologi dalam wabah Covid-19 di Indonesia.
Peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori konstruksi sosial realitas media massa. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis isi kualitatif. Peneliti menganalisis artikel “Dimensi Gender dan Keadilan Ekologi dalam Wabah Covid- 19 di Indonesia” dalam buku Ekofeminisme V.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaya fenomena Covid-19 mempengaruhi kenaikan angka kekerasan gender khususnya perempuan. Hal in memberi sudut pandang baru bahwa ekologi dan gender memiliki keterkaitan yang sangat kuat dalam mengkonstruksi realitas di masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:14
Last Modified: 25 Oct 2023 07:14
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29749

Actions (login required)

View Item View Item