Menia, Imam (2023) Pengaruh Viral Marketing dan Brand Ambassador terhadap Niat Membeli Produk Scarlett (Studi Empiris Perusahaan E-Commerce Shopee. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.
Preview |
Text
FEB_MNJ_1802025067_Imam Menia.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui signifikansi pengaruh Viral Marketing Terhadap Niat Membeli Produk Scarlett, (2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh
Brand Ambassador Terhadap Niat Membeli Produk Scarlett, (3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh Viral Marketing dan Brand Ambassador Secara Simultan Terhadap Niat Membeli Scarlett. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian
Asosiasi Kausal. Variabel yang diteliti adalah ―Viral Marketing dan Brand Ambassador sebagai Variabel Bebas (Independent) atau Variabel X. Sedangkan Niat Membeli Produk
Scarlett sebagai Variabel Terikat (Dependent) atau Variabel Y‖. Penentuan sampel dengan purposive sampling. Sampel 128 konsumen pengguna Scarlett yang telah melakukan
pembelian minimal satu kali di perusahaan e-commers Shopee minimal berusia 16 tahun serta mengetahui Song Joong Ki sebagai Brand Ambassador. Pengumpulan data menggunakan metode angket (Kuesioner) secara online. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah hasil angket (kuesioner) diisi responden dan dimasukan dalam tabel tabulasi data kemudian diolah dan dianalisis dengan bantuan
program SPSS 25 diperoleh hasil : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan viral marketing (X1) terhadap niat membeli produk scarlett (Y), (2) Terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan brand ambassador (X2) terhadap niat membeli produk scarlett, (3) variabel viral marketing dan brand ambassador secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap niat membeli produk scarlett. Koefisien determinasi sebesar 0,488 atau 48,8% menunjukan besarnya kontribusi variabel viral marketing (X1), dan brand
ambassador (X2) secara simultan terhadap variabel niat membeli produk scarlett (Y) menunjukan tingkat pengaruh yang sedang, sedangkan sisanya sebesar 51,2% disebabkan
oleh faktor-faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini seperti cashback, free shipping, kualitas produk, harga dan sebagainya. Oleh sebab itu, disarankan kepada perusahaan e-commers shopee agar mempertahankan viral marketing dan brand ambassador yang sudah baik, dan terus berinovasi serta mencari terobosan baru dalam pemasaran suatu produk dengan memanfaatkan teknologi, sehingga perusahaan e-commers shopee menjadi mobile marketplace nomor 1.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1 |
Depositing User: | libfeb libfeb libfeb |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 02:25 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 02:21 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29531 |
Actions (login required)
View Item |