Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Konten Media Sosial Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik

Farhan, Nur Muhammad dan Ermawaty, Imas Ratna (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Konten Media Sosial Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of NUR MUHAMMAD FARHAN.pdf]
Preview
Text
NUR MUHAMMAD FARHAN.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis konten interaktif media sosial untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaku kan di SMA Negeri 14 Kota Bekasi dan SMAN Negeri 18 Kota Bekasi dengan responden yang dituju adalah peserta didik kelas XI MIPA. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pemgembangan ADDIE. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini didapatkan bahwa presentase rata – rata penilaian ahli materi sebesar 80,92% (baik) dan presentase dari keseluruhan penilaian ahli materi sebesar 81.43% (baik). Pada hasil validasi media diperoleh penilaian presentase rata – rata pada aspek penilaian media sebesar 80.00% (baik) dan presentase dari jumlah keseluruhan penilaian dari ahli media sebesar 80.00% (baik). Kemudian dari hasil pre-test uji coba skala kecil diperoleh nilai rata - rata pre-test yang sebelumnya sebesar 68.59 meningkat menjadi 89,55 pada hasil nilai rata – rata post-test. Sedangkan pada uji coba skala besar menunjukkan adanya peningkatan nilai rata – rata dari yang sebelumnya 70,57 pada hasil pre-test menjadi 88,93 pada hasil post-test. Dari hasil angket efektivitas pada uji coba skala kecil diperoleh presentase rata – rata dari penialian angket efektivitas media sebesar 87.73% (sangat baik). Sedangkan pada uji coba skala besar memperoleh hasil presentase rata – rata dari penilaian angket efektivitas media sebesar 85.04% (baik). Selanjutnya hasil dari angket motivasi belajar diperoleh rata – rata presentase sebesar 85.07% (baik) pada uji skala kecil dan 81.76% (baik) pada uji coba skala besar. Berdasarkan dari hasil penilitian maka diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran fisika berbasis konten interaktif media sosial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa layak diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25097

Actions (login required)

View Item View Item