Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur

Pebriyati, Laely dan Amaliyah, Nurrohmatul (2020) Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025245_LAELYPEBRIYATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025245_LAELYPEBRIYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya dalam minat masyarakat Indonesia, dan budaya budi pekerti yang kian semakin memburuk khususnya untuk di lembaga formal yaitu di sekolah. Tujuanya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur dengan di implementasikannya program membaca 15 menit yang berpacu pada peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti salah satu cara menumbuhkanya adalah dengan membaca. Jenis metode penelitian ini adalah Kualitatif deskritif. Dalam penelitian ini 3 (orang) yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua murid. Dengan objek penelitian meliputi Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), dokumentasi (data sekolah), wawancara mendalam (indept interview). Data dianalisis teknik deskriptif kualitatif Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, paparan data, dan verifikasi data. Adapun validasi data menggunakan Triangulasi dan Membercheck. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah bahwasanya di SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur khususnya di Kelas III sudah menerapkan kegiatan 15 menit membaca buku, namun buku yang dibaca adalah buku mata pelajaran dan temanya disesuaikan dengan kurikulum tematik. Masih ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan pelaksanaan yang dimaksud peraturan Materi Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:18
Last Modified: 29 Jun 2022 03:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item