Dhini, Nur Sari Rama dan Kowiyah, Kowiyah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.
Preview |
Text
FKIP_PGSD_1601025119_NUR SARI RAMA DHINI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengetahui pengaruh kemampuan literasi Matematika siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di MI Al- Wathoniyah 14 jakarta utara. Meode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment dengan Posttest-only grup desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan sampel penelitian sebanyak 62 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas IV-A sebagai kelas control dan 30 siswa kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dari hasil Expet Judgement, dengan 20 soal uraian/essay di dapat 12 soal valid dan 8 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronback diperoleh rhitung> rtabel yaitu 0,909 > 0,514, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lo< Lt yaitu 0,1239 < 0,1618, dan kelas eksperiment Lo< Lt yaitu 0,1085< 0,1566, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,868 < 1,848, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,315 > 2,000. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbasis zoom meeting terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 02:42 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 02:42 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14640 |
Actions (login required)
View Item |