Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara

Dhini, Nur Sari Rama dan Kowiyah, Kowiyah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025119_NUR SARI RAMA DHINI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025119_NUR SARI RAMA DHINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengetahui pengaruh kemampuan literasi Matematika siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di MI Al- Wathoniyah 14 jakarta utara. Meode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment dengan Posttest-only grup desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan sampel penelitian sebanyak 62 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas IV-A sebagai kelas control dan 30 siswa kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dari hasil Expet Judgement, dengan 20 soal uraian/essay di dapat 12 soal valid dan 8 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronback diperoleh rhitung> rtabel yaitu 0,909 > 0,514, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lo< Lt yaitu 0,1239 < 0,1618, dan kelas eksperiment Lo< Lt yaitu 0,1085< 0,1566, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,868 < 1,848, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,315 > 2,000. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbasis zoom meeting terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IV MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:42
Last Modified: 24 Jun 2022 02:42
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14640

Actions (login required)

View Item View Item