Tingkat Motivasi Belajar Peserta Didik Dimasa Covid-19 (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Bina Dharma)

Mutia, Rifani dan Fitniwilis, Fitniwilis (2020) Tingkat Motivasi Belajar Peserta Didik Dimasa Covid-19 (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Bina Dharma). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_BK_1601015011_RIFANI MUTIA.pdf]
Preview
Text
FKIP_BK_1601015011_RIFANI MUTIA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan suatu hal penting dalam aktivitas belajar, tanpa motivasi peserta didik sulit melaksanakan kegiatan belajar dengan baik. Pada masa Covid-19 proses pembelajaran di sekolah untuk sementara dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pada pelaksanaannya banyak peserta didik yang tidak mengikuti proses pembelajaraan jarak jauh, tidak semua peserta didik memiliki kemampuan yang setara dalam memahami pelajaran. Banyak peserta didik kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan pada saat PJJ terutama bagi peserta didik yang tidak memiliki fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan mendeskripsikan tingkat motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Bina Dharma selama masa Covid-19. metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif metode survey. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan 4 pilihan alternative jawaban. Hasil validitas dalam penelitian ini adalah 0,235 dari 33 item pernyataan 25 item diantaranya valid dan 8 item tidak valid, reliabilitas dalam penelitian ini adalah 0,786 dan termasuk kedalam kategori tinggi. Subyek penelitian ialah peserta didik kelas VIII SMP Bina Dharma Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase (%). Untuk memperjelas proses analisis maka dilakukan pengkategorian menggunakan mean dan Standar Deviasi. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Bina Dharma dimasa Covid-19 tergolong pada tingkatan motivasi belajar sedang, mengacu deskripsi data hasil penelitian yaitu Terdapat 9 peserta didik (12.5%), 56 peserta didik (77.8%) yang memiliki tingkat motivasi belajar sedang dan 7 peserta didik (9,7%) yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Bimbingan Konseling
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:34
Last Modified: 17 Jun 2022 04:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item View Item