Tinjauan Mata Pelajaran IPS SMP Pada Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan

Ali Sya'ban, Ali (2018) Tinjauan Mata Pelajaran IPS SMP Pada Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan. Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan (JGEL), 2 (1). pp. 32-44. ISSN 2579 – 8499

[thumbnail of artikel Tinjauan mata pelajaran IPS.pdf] Text
artikel Tinjauan mata pelajaran IPS.pdf

Download (413kB)
Official URL: http://doi.org/10.29405/jgel.v2i1.1018

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk dan kebutuhan manusia semakin meningkat setiap
harinya, sehingga kondisi tersebut tidak dapat diantisipasi. Hal ini menyebabkan
terjadinya eksploitasi yang sangat besar. Eksploitasi ini dapat menyebabkan
kerusakan lingkungan hidup yang mengancam habitat mahkluk hidup. Penerapan
pendidikan lingkungan hidup di sekolah diharapkan dapat menjadi pelopor yang
memiliki rasa peduli akan tanggung jawab lingkungan, menjaga, dan melestarikan
lingkungan hidup. Tinjauan pendidikan lingkungan hidup ini hanya ditingkat
Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dapat dikaitakan dalam pembelajaran
IPS yaitu dengan cara mengkaji standar isi pembelajaran IPS di SMP yang
dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan dalam kurikulum KTSP dan
Kurikulum 2013 yang dikaitkan dengan pendidikan lingkungan hidup.
Permasalahannya dalam kajian ini adalah mengenai tinjauan kurikulum IPS SMP
mengenai pendidikan lingkungan hidup. Metode yang digunakan dari sudut
pandang studi kepustakaan. Hasil penerapan pendidikan lingkungan siswa dapat
memiliki perilaku akan peduli lingkungan dari aspek-aspek pengetahuan, sikap
dan keterampilan untuk dapat menyikapi merawat dan melestarikan lingkungan
sekitar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mohammad Balya Ali Sya'ban
Date Deposited: 20 Jun 2021 00:13
Last Modified: 20 Jun 2021 00:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8658

Actions (login required)

View Item View Item