PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP USWATUN HASANAH JAKARTA BARAT

Connie Chairunnisa, Connie dan Anen Tumanggung, Anen dan Istayatiningtias, Iis (2018) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP USWATUN HASANAH JAKARTA BARAT. Prosiding Kolokium Doktor dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 1. pp. 514-537.

[thumbnail of Artikel Kolokium, Pengembangan Model Pendidikan Karakter di SMP Uswatun.pdf]
Preview
Text
Artikel Kolokium, Pengembangan Model Pendidikan Karakter di SMP Uswatun.pdf

Download (451kB) | Preview
Official URL: https://proceedings.uhamka.ac.id/index.php/psd/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang pada umumnya cenderung berorientasi pada pendidikan berbasis hard skill (keterampilan teknis), dan lebih bersifat mengembangkan intelligence quotient (IQ, sedangkan kemampuan soft skill yang tertuang dalam emotional intelligence (EQ) dan spiritual intelligence (SQ) masih sangat kurang. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Uswatun Hasanah, yang berlokasi di Jl.Cendrawasih Cengkareng Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengunakan observasi berperan serta, wawancara, serta studi dokumentasi. analisis data bersifat induktif. Unruk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, diskusi teman sejawat, serta menggunakan bahan referensi. Pada penelitian ini ditemukan bahwa model pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMP Uswatun Hasanah, baru dilaksanakan pada tahap pembiasaan, dan belum pada tahapan perilaku serta budaya. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah artikel jurnal untuk di publikasikan, dan draft buku pengembangan model pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama, dengan disain sampai pada tahapan perilaku dan budaya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: admin repository uhamka
Date Deposited: 28 Oct 2019 08:03
Last Modified: 28 Oct 2019 08:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item