Setiadi, Hari “Peranan Asesmen dan Ujian dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional” PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (EKSPERIMEN DI SMP SWASTA KECAMATAN BENDA KOTA TANGERANG). In: Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan.
Preview |
Text
Pengaruh model pembelajaran dan-06092018.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives. Download (477kB) | Preview |
Abstract
Research are to investigate: (1) which of the cooperative learning models is higher in
mathematic achievement, the Student Teams Achievement Division (STAD), or Group
Investigation (GI)?; (2) is there any interaction effect between cooperative learning models
and independency learning?; (3) in high independency learning, which of higher result in
Mathematic achievement, cooperative learning model of STAD or GI ; and (4) in low
independence, which one results is higher in Mathematics, cooperative learning model of
STAD or GI?. The population of this research was the eleventh (8th) grade students in
Kecamatan Benda Tangerang City. The sample of this research consisted of the students of
SMP Santa Patricia 33 and SMP Cendikia Benda 33.
The results of the research are as follows: (1) the STAD type giving in a higher learning
achievement in Mathematics of the students than cooperative learning model of GI type;
(2) No interaction effect between cooperative learning model and independency learning ;
(3) in high independence of learning, the mathematic achievement of STAD is higher than
GI; (4) in low independence of learning, the mathematic achievement of STAD is also higher
than GI
ABSTRAK
Penelitian bertujuan: (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika model
pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran
Group Investigation (GI); (2) apakah terdapat pengaruh interaksi antara model
pembelajaran dengan kemandirian belajar; (3) pada kemandirian belajar tinggi , manakah
lebih tinggi, STAD atau GI (4) pada kemandirian belajar rendah , manakah lebih tinggi, STAD
atau GI.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Swasta di Kecamatan Benda Kota Tangerang. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik Probability Sampling. Sekolah yang menjadi sampel adalah SMP Santa Patricia dan
SMP Cendikia. Banyak siswa STAD 33, kelas GI GI adalah 33,. Teknik pengambilan data
dilakukan dengan metode dokumentasi, kuesioner, dan tes.. Tes diterapkan untuk
mengetahui hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi
dua jalan 2 x 2 dan taraf signifikansi 0,01. Sebelumnya dilakukan dahulu uji normalitas
dengan Chi Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji Bartlett.
Hasil penelitian: (1) model STAD lebih tinggi dari GI (2) Tidak terdapat pengaruh interaksi
antara model pembelajaran dengan kemadirian belajar; (3) Pada kemadirian belajar tinggi
STAD lebih tinggi dari GI; (4) Pada kemandirian belajar rendah STAD juga lebih tinggi dari GI.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | the cooperative learning models of Student Teams Achievement Division STAD, GI dan kemandirian Belajar. (STAD), and Group Investigation (GI), and Independency learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > School of Education |
Depositing User: | ST Bahar Sobari |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 01:47 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 01:47 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/558 |
Actions (login required)
View Item |