Setiadi, Hari (2016) PELAKSANAAN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 - THE IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT IN THE CURRICULUM 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20 (2). ISSN 1410-4725, e-ISSN: 2338-6061
Preview |
Text
Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum-06092018 (2).pdf - Published Version Download (335kB) | Preview |
Abstract
The objectives of this study are (1) to describe the implementation of the assessment in the
curriculum 2013, (2)to identify the obstacle and the success of the implementation of assessment
in the curriculum 2013, and (3)to make a recommendation for policy makers to improve the
implementation of assessment in the curriculum2013. The population of the study consist of the
elementary schools, junior schools, and senior high schools in Indonesia. The sample was
determined purposively, consisting of the elementary schools, junior schools, and senior high
schools in 15 provinces in Indonesia. Data were collected through questionnaires and Focus
Group Discussion (FGD). Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptive. The
findings of this study are: (1) in the planning step, the recommendations were given to principals,
teachers, and head of educational districts to make socialization and workshop on developing
assessment grid first, and then writing items not the other way around, and make a rubric first
when writing the essay items; (2) in the implementation step, the recommendation were given to
government to simplify the guidance of assessment in the curriculum 2013, to make socialization
and workshop about the affective assessment, workshop thematic assessment for elementary
teachers, and guiding teachers to revise and analyze the instrument; (3) in the report step, the
recommendation were given to policy makers to look back at the policy of using the score range 1-
4, for assessing knowledge and psychomotor domain.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan implementasi penilaian pada Kurikulum
2013; (2) mengidentifikasi hambatan dan keberhasilan pelaksanaan penilaian pada Kurikulum
2013, (3) memberikan rekomendasi kepada Pemerintah dalam mengambil kebijakan pelaksanaan
penilaian pada Kurikulum 2013. Populasi dalam evaluasi ini adalah sekolah di Indonesia jenjang
sekolah dasar dan menengah. Penentuan sampel dengan purposive sampling, yaitu sekolah jenjang
sekolah dasar dan menengah di 15 provinsi di Wilayah Indonesia Bagian Barat, Wilayah Indonesia
Bagian Tengah, dan Wilayah Indonesia Bagian Timur. Pengumpulan data menggunakan kuesioner,
dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif
dan kualitatif. Model ini digunakan untuk mengevaluasi kesenjangan antara kriteria yang telah
ditetapkan dengan pelaksanaan program di lapangan. Hasil penelitian dibagi tiga tahap, yaitu: (1)
perencanaan, disarankan kepada pemerintah untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan membuat
kisi-kisi dahulu baru membuat soal-soalnya, bukan yang dilakukan sebaliknya, juga pelatihan
analisis instrumen penilaian dan membuat rubrik untuk soal uraian; (2) pelaksanaan, disarankan
kepada pemerintah untuk menyederhanakan pedoman penilaian pada Kurikulum 2013, melakukan
sosialisasi dan pelatihan penilaian kompetensi sikap, untuk jenjang SD perlu diberikan pelatihan
teknik penilaian pada pembelajaran tematik, dan membimbing guru melakukan kegiatan analisis
instrumen dan revisi butir soal; (3) pelaporan, disarankan pengambil kebijakan mengkaji kembali
penggunaan rentang nilai 1-4 pada penilaian pengetahuan dan keterampilan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | assessment incurriculum 2013, rubric for essay items, assessment in thematic learning, score range 1-4penilaian pada Kurikulum 2013, rubrik untuk soal uraian, penilaian pada pembelajaran tematik, rentang skor 1-4 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ST Bahar Sobari |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 01:40 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 01:40 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/555 |
Actions (login required)
View Item |