Tri Widiastuti, Haning Literatur Review : Strategi Manajemen Kelas Untuk Mereduksi Perilaku Off - Task. Jurnal Fokus Konseling, 11 (1). pp. 65-73. ISSN 2356-2099
|
Text
2650-6378-2-PB.pdf Download (211kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi kelas yang efektif dalam
mereduksi perilaku off-task siswa dengan menggunakan pendekatan literatur
review. Dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang
relevan, penelitian ini mengeksplorasi beragam metode dan teknik yang telah
terbukti berhasil dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan
meningkatkan keterlibatan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan
strategi manajemen kelas yang baik dapat secara signifikan mengurangi perilaku
off-task. Pengaturan lingkungan fisik yang mendukung, seperti penataan ruang
kelas yang teratur dan minim gangguan, serta penetapan aturan yang jelas dan
konsisten, menjadi kunci penting dalam menciptakan suasana yang fokus. Selain
itu, penggunaan teknik pengelolaan kelas yang variatif, seperti pemberian
feedback positif, penguatan perilaku baik, dan penggunaan teknologi secara
bijaksana, terbukti efektif dalam mempertahankan perhatian siswa. Penelitian ini
juga menemukan bahwa membangun hubungan positif antara guru dan siswa,
serta penerapan motivasi intrinsik, seperti pemberian tantangan yang relevan dan
pengakuan terhadap pencapaian siswa, dapat meningkatkan keterlibatan dan
mengurangi perilaku off-task. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan
bahwa manajemen kelas yang terencana, terstruktur, dan berbasis hubungan yang
positif tidak hanya meningkatkan fokus siswa tetapi juga mendukung pencapaian
tujuan akademis secara keseluruhan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling |
| Depositing User: | Haning Tri Widiastuti |
| Date Deposited: | 28 Apr 2025 00:53 |
| Last Modified: | 28 Apr 2025 00:53 |
| URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/43964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric