An Nisaa, Ranti (2024) ANALISIS BUKU BIOLOGI KELAS X BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Preview |
Text
TESIS.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai ruang lingkup literasi sains yang mencakup aspek konteks, pengetahuan, kompetensi, dan sikap pada buku ajar biologi SMA Kelas X yang digunakan di sekolah-sekolah. Analisis buku ajar biologi ini perlu dilakukan karena sebagian besar guru Biologi sekolah menengah menggunakan perangkat pembelajaran ini sebagai acuan pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara analisis isi yaitu menghimpun dan menganalisis isi buku teks yang diamati tanpa memberi perlakuan yang dilakukan pada dua buah buku teks biologi kelas X. Pembahasan difokuskan pada pemaparan komponen literasi sains berdasarkan kerangka kerja yang diadaptasi dari draft PISA 2015 yang terdiri dari empat aspek terkait, yaitu aspek konteks, kompetensi, pengetahuan, dan sikap. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung frekuensi dan persentase yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik dari hasil analisis isi/konten buku ajar biologi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aspek pengetahuan merupakan aspek yang paling mendominasi sebesar 68,5% dari keseluruhan bab buku, terutama pengetahuan kontennya yang terdapat pada bab mengenai hewan, sedangkan aspek yang paling sedikit adalah aspek sikap yaitu sebesar 3,5%. Dalam aspek konteks, lingkup global adalah lingkup yang paling banyak melatarbelakangi pengetahuan di dalamnya (83,6%) dengan pembahasan utama mengenai sumber daya alam (71%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ranti An Nisaa |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 01:36 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:36 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/38938 |
Actions (login required)
View Item |