Dormitory-Based Intensive Religious Education in Jakarta

lismawati, lismawati (2024) Dormitory-Based Intensive Religious Education in Jakarta. Jurnal Pendidikan Amartha, 3 (1). pp. 92-97. (Unpublished)

[thumbnail of 2213-12288-1-PB.pdf]
Preview
Text
2213-12288-1-PB.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: http://www.rayyanjurnal.com/index.php/jpa/article/...

Abstract

endidikan agama intensif berbasis asrama merupakan salah satu pendekatan pendidikan alternatif yang diterapkan di sekolah agama atau pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan agama intensif berbasis asrama di Jakarta dengan studi kasus di Pondok Pesantren Al Hamid Cilangkap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama intensif di Pondok Pesantren Al Hamid memperkenalkan sistem pendidikan terpadu antara pondok pesantren dan sekolah formal, yang mengharuskan santri tinggal di asrama. Terdapat dua jenis pembelajaran, yaitu di sekolah formal dan pembelajaran tambahan di asrama yang berfokus pada pendalaman materi agama. Selain itu, pembiasaan positif dan pengembangan diri santri juga diterapkan.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lismawati Lismawati
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:56
Last Modified: 08 Aug 2024 05:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/36316

Actions (login required)

View Item View Item