Laporan PKM PELATIHAN PEMBUATAN MODUL BERBASIS DIGITAL BAGI GURU-GURU SMP MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA

Hartati, Neti Laporan PKM PELATIHAN PEMBUATAN MODUL BERBASIS DIGITAL BAGI GURU-GURU SMP MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan PKM]
Preview
Text (Laporan PKM)
Laporan Pengmas Neti Hartati 2024 100%.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada masa ini, perkembangan pesat teknologi sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Ilmu. Materi pendidikan sudah banyak disediakan dalam bentuk elektronik dan tersedia secara luas dan berlimpah di internet. Buku atau modul cetak yang dahulu menjadi sumber utama penyebar ilmu kini telah tergeser oleh buku digital/e-book. Seiring dengan keadaan dan tuntutan tersebut, dunia pendidikan dituntut untuk dapat mengimbangi perkembangan pesat teknologi tersebut. Para guru atau pengajar dituntut untuk dapat membuat modul/buku digital sendiri.
Namun, para guru di sekolah mitra yaitu SMP Muhammadiyah 1 Jakarta saat ini belum memiliki keterampilan dan pengetahuan mengenai pembuatan modul atau buku digital/e-book ini. Untuk mengatasi hambatan tersebut, maka tim Program Kemitraan Masyarakat dalam usulan Program Kemitraan Masyarakat ini, mengajukan usulan pelatihan pembuatan E-modul atau modul berbasis digital di SMP Muhammadiyah 1, Jakarta Selatan. Ajuan ini sesuai dengan hasil need analysis yang tim kami lakukan sesuai hasil diskusi dengan Kepala Sekolah dan beberapa guru di sekolah mitra.
Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat berupa pelatihan pembuatan modul berbasis digital ini akan dibagi menjadi beberapa sesi dan melibatkan dua orang narasumber yang akan memberikan materi tentang apa itu e-modul, struktur dan isi e-modul, serta pelatihan penggunaan aplikasi e-book creator untuk membuat e-modul Semua peserta akan mempraktekan membuat e-book untuk mata pelajaran yang diampu oleh masing-masing guru. Kegiatan PKM ini akan dibagi menjadi beberapa sesi
Hasil dari angket yang dibagikan setelah pelatihan menunjukkan bahwa peserta pelatihan menyatakan bahwa pelatihan pembuatan e-modul yang telah dilaksanakan sangat bermanfaat (64%) dan 36% menyatakan 36% bermanfaat. Mereka juga menyatakan bahwa materi pelatihan yang disampaikan oleh narasumber sangat mudah dipahami (23%), mudah dipahami (77%). Mereka juga menyatakan pelatihan yang diberikan membuat pengetahuan mereka tentang konsep dan isi modul sangat. bertambah 41%) dan 59% menyatakan bertambah, dan masing-masing 50% peserta menyatakan pengetahuan mereka tentang e-modul sangat bertambah dan bertambah. Sedangkan 100% peserta menyatakan bahwa setelah pelatihan, mereka memiliki pengetahuan cara penggunaan e-book creator untuk membuat e-modul, selain itu 100% peserta juga menyatakan tertarik menggunakan e-book creator untuk membuat e-modul. 73% menyatakan terinspirasi dan 27% menyatakan sangat terinspirasi untuk membuat e-modul dengan e-book creator. Seratus persen peserta menyatakan bahwa 64% peserta meyakini bahwa fitur-fitur sisipan gambar, audio, dan video aplikasi e-book creator dapat membantu dalam penyampaian materi ajar pada siswa, sedangkan 36 % menyatakan akan sangat membantu, dan 100% menyatakan bahwa fitur-fitur tersebut sangat menarik untuk digunakan dalam pembuatan e-modul.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Neti Hartati
Date Deposited: 16 Mar 2024 05:02
Last Modified: 16 Mar 2024 05:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/33752

Actions (login required)

View Item View Item