IRDALISA, IRDALISA PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPA. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal).
Preview |
Text
1266-Article Text-6879-1-10-20240118 (1).pdf Download (281kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tahapan pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning; kelayakan LKPD Berbasis Project Based Learning berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi pembelajaran (Guru); 3) penilaian peserta didik terhadap LKPD Berbasis Project Based Learning; dan 4) peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VI SDN Pejaten Timur 15 Pagi sesudah penggunaan LKPD Berbasis Project Based Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4 D. Penilaian kelayakan LKPD dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/ kuesioner. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tahap pengembangan 4 D menghasilkan produk berupa LKPD Berbasis Project Based Learning yang layak digunakan; 2) penilaian kelayakan LKPD Berbasis Project Based Learning menghasilkan skor dari ahli materi sebesar 92,9% (Sangat Layak), dari ahli media 95,5% (Sangat Layak), dari ahli bahasa sebesar 95,8% (Sangat Layak), dan dari praktisi pembelajaran sebesar 98,1% (Sangat Layak); 3) uji coba lapangan diperoleh skor 74,7 (Sangat Tinggi), dan 4) peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan LKPD dari nilai rata-rata 66,1 menjadi nilai rata-rata 84,8
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Dr. Irdalisa Irdalisa |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 06:55 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:55 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30805 |
Actions (login required)
View Item |