PERANCANGAN PENGENDALI KETINGGIAN AIR BERBASIS HMI (HUMAN MACHINE INTERFACE) SYSTEM DAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Rudiansyah, Dicky (2023) PERANCANGAN PENGENDALI KETINGGIAN AIR BERBASIS HMI (HUMAN MACHINE INTERFACE) SYSTEM DAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of Undergraduate Thesis]
Preview
Archive (Undergraduate Thesis)
Dicky Rudiansyah_1803025014_Skripsi-1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://ft.uhamka.ac.id/prodi/elektro/

Abstract

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis yang memiliki curah hujan dan sangat rawan terhadap banjir. Fenomena ini dapat dicegah dengan membangun bendungan yang dilengkapi pintu air. Di era teknologi ini penggunaan teknologi HMI (Human Machine Interface) dan PLC (Programmable Logic Controller) diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam mengurangi kelalaian petugas dalam memantau ketinggian air. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem pengendalian ketinggian air berbasis HMI (Human Machine Interface) dan PLC (Programmable Logic Controller), mendapatkan nilai parameter KP, KI, dan KD yang tepat melalui proses penalaran sensor menggunakan Metode Ziegler Nichols yang menghasilkan nilai parameter Overshoot, Time Steadystate, Error Steadystate, Risetime, dan Settling time, serta membuat desain HMI untuk sistem kendali dan monitoring sistem menggunakan software Haiwell Scada. Metode yang digunakan untuk mendapatkan nilai parameter KP, KI, dan KD yaitu metode penalaran sensor menggunakan metode Ziegler Nichols dimana penalaran tersebut
menghasilkan waktu tunda (L) sebesar 4 detik dan konstanta waktu (T) sebesar 62 detik. Sensor yang digunakan yaitu sensor infrared SHARP GP2Y0A41SK0F. Kemudian hasil dari penalaran tersebut kemudian diolah menggunakan tabel rumus Ziegler Nichols untuk mendapatkan nilai PID. Setelah melakukan percobaan kendali P, kendali PI, dan kendali PID maka penulis menggunakan kendali PID untuk melakukan pengambilan data karena mendapatkan nilai time steadystate yang lebih rendah yaitu sebesar 98 detik dengan nilai KP 19, KI 2, dan KD 37. Pengujian kendali PID dalam perancangan pengendali ketinggian air telah dilakukan dengan range ketinggian 5cm – 20cm dan menghasilkan nilai rata – rata error sebedar 0,032%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Skripsi
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Harry Ramza
Date Deposited: 28 Dec 2023 09:36
Last Modified: 28 Dec 2023 09:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30542

Actions (login required)

View Item View Item