Hubungan Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dipondok Pesantren Daar El Qolam Gintung, Jayanti Tengerang Banten

Ainun, Putri Khodijatun Nurul dan Haryati, Titik (2021) Hubungan Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dipondok Pesantren Daar El Qolam Gintung, Jayanti Tengerang Banten. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of Putri Khodijatun Nurul Ainun.pdf]
Preview
Text
Putri Khodijatun Nurul Ainun.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Upaya melaksanakan pendidikan di sekolah, membutuhkan berbagai faktor pendukung,
antara lain kondisi kelas yang nyaman dan sekolah yang kondusif bagi siswa, dengan kondusif
secara fisik dan non fisik. Lingkungan sekolah yang kurang kondusif maka terjadilah perilaku
bullying. Perilaku bullying ini tentunya sudah sering ditemukan diberbagai daerah bahkan mulai
dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Tanpa disadari perilaku
tersebut memHubungani kekuatan mental siswa untuk belajar dan mengikuti pembelajaran
dengan baik, sehingga akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Bullying Terhadap Hasil Belajar
Siswa di Pondok Pesantren Daar el-Qolam Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 229
siswa dengan sampel 40 siswa. Pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini dengan
menggunakan Teknik random sampling.
Setelah data berdistribusi normal dan linier berdasarkan uji linieritas dilanjutkan dengan
uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, dengan dilakukan uji
normalitas terlebih dahulu untuk data angket keterampilan mengajar guru dan prestasi belajar
siswa dengan jumlah hasil belajar nilai rapot siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas, masingmasing
data tersebut berdistribusi normal yang ditunjukan dengan hasil x2
hitung ≤ x2
tabel yaitu
0,033 > 0,05 berdasarkan rapot siswa 11,35 > 0,05 untuk prestasi belajar.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini yang
menunjukkan Hubungan bullying terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di Pondok Pesantren
Daar El-Qolam Gintung Jayanti Tangerang berdasarkan uji korelasi menunjukkan sig (2-tailed)
0,668 > 0,05 yang menunjukkan bahwasannya tidak terdapat Hubungan bullying terhadap hasil
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30092

Actions (login required)

View Item View Item