Representasi Kekuasaan Dalam Tayangan Youtube (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Dalam Tayangan Asumsi Distrik “Lahan Tanah Abang Siapa Punya Kuasa?”)

Hakim, Lukman Nur (2021) Representasi Kekuasaan Dalam Tayangan Youtube (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Dalam Tayangan Asumsi Distrik “Lahan Tanah Abang Siapa Punya Kuasa?”). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1706015156_ LUKMAN NUR HAKIM.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1706015156_ LUKMAN NUR HAKIM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan media di era yang semakin maju membuat beberapa media yang dahulunya cetak berubah menjadi media daring. Perkembangan media itu terjadi secara pesat dan membuat media daring menjamur di masyarakat. Namun, banyaknya media daring yang menjamur tidak semua media berani menampilkan permasalahan sosial yang terdapat di masyarakat. Asumsi hadir sebagai media daring baru yang berani mengambil risiko dengan menampilkan sebuah tayangan tentang kekuasaan yang berada di Tanah Abang melalui platform youtube miliknya. Penelitian ini melihat bagaimana bentuk dan praktik kekuasaan yang terdapat pada tayangan Asumsi Distrik di episode Tanah Abang. Pada penelitian ini menggunakan teori kritis sebagai teori utama yang digunakan. Pengambilan teori kritis didasari dengan pemahaman dari teori kritis yang membongkar sebuah realitas sosial yang ada. Penelitian ini juga didukung dengan konsep representasi dan media baru untuk menunjang pembongkaran realitas yang dilakukan dengan teori kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode penelitian analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Untuk mengumpulkan data dan informasi peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Peneliti melihat pada tayangan Asumsi Distrik episode “Lahan Tanah Abang Siapa Punya Siapa?” terdapat bentuk kekuasaan paksaan yang terjadi di Tanah Abang lewat tayangan yang disajikan oleh Asumsi. Selain itu terdapat praktik kekuasaan yang terpusat kepada satu orang saja yang terjadi akibat bentuk kekuasaan yang terdapat di Tanah Abang. penulis, semoga skirpsi ini dapat bermanfaat baik dalam bidang akademik maupun untuk menjadi masukan yang bermanfaat secara praktik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:08
Last Modified: 10 Nov 2023 07:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30068

Actions (login required)

View Item View Item