Sumunar, Fattah Coyo (2022) Pesan Edukasi Kesehatan Dalam Film Genre Komedi Positif Karya Hanung Bramantyo Dan Jeihan Angga. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.
Preview |
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015191_FATTAH COYO SUMUNAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Film merupakan bagian dari proses komunikasi, yang merupakan bagian terpenting dari sistem yang digunakan oleh individu dan kelompok untuk melakukan proses pertukaran pesan. Film pendek positif adalah film pendek yang dirilis pada tahun 2021 dan mengangkat tema tentang isu selama pandemik Covid 19. Film Positif menyampaikan pesan edukasi kesehatan yang dikemas atau dibumbui humor atau komedi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pesan-pesan edukasi kesehatan yang dikemas sebagai humor dalam film bergenre komedi Positif. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah Paradigma Konstruktivisme dan teori isi media. Pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis is kualitatif, metode pengumpulan data observasi, studi pustaka dan wawancara mendalam. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pesan edukasi kesehatan dalam film Positif, seperti menggunakan masker dengan benar, melakukan proses karantina, selalu menerapkan protokol kesehatan, melakukan olahraga, mengkomunikasikan kondisi kesehatan tubuh, dan berjemur di pagi hari. Pesan edukasi kesehatan dalam film Positif dikemas sebagai humor agar dapat menarik minat masyarakat untuk menonton tayangan film ini sehingga pesannya sampai kepada masyarakat dan dipahami oleh masyarakat secara mendalam
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | lib libuhamka upt |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 04:05 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 04:05 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29850 |
Actions (login required)
View Item |