Partisipasi Citizen Journalist Dalam Menulis Berita Di Kompasiana.Com

Purwaningrum, Mentari (2022) Partisipasi Citizen Journalist Dalam Menulis Berita Di Kompasiana.Com. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015045_MENTARI PURWANINGRUM.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015045_MENTARI PURWANINGRUM.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang selain memudahkan manusia menjalani kehidupannya juga mendorong terjadinya perubahan dalam masyarakat. Masyarakat yang selama ini hanya menjadi konsumen media, sekarang bisa memproduksi pesan atau bertindak sebagai jurnalis. Biasanya mereka disebut sebagai citizen journalist atau jurnalis warga. Penelitian ini membahas tentang Partisipasi Citizen Journalist dalam Menulis Berita di Kompasiana.com. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami partisipasi citizen journalist dalam menulis berita di Kompasiana.com.
Penelitian ini menggunakan Teori Partisipasi dari Sherry Arnstein dan menggunakan konsep pendukung dari Gordon W. Allport tentang Disposisi atau Kepribadian. Paradigma penelitian ini adalah konstruktivisme. Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data atau reduction data, penyajian data atau data display dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi citizen journalist dalam menulis berita di Kompasiana.com, didorong oleh keinginan mereka untuk menyuarakan hasil pemikirannya dan terus melatih kemampuannya menulis sebagai upaya aktualisasi diri sebagaimana ditegaskan Maslow. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi partisipasi mereka menulis berita di Kompasiana.com adalah kegemaran atau minat mereka terhadap menulis, faktor pengalaman dan faktor pendukung lainnya yang menyebabkan masyarakat ikut berpartisipasi ialah adanya k-werds atau hadiah untuk penulis yang ada di Kompasiana. Adapun implikasi yang dirasakan saat terlibat dalam citizen journalist ialah pengetahuan yang semakin luas dan pisau analisis semakin tajam dan kritis dalam melihat suatu persoalan, serta dapat meningkatkan literasi dan kemampuan menulis masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:37
Last Modified: 30 Oct 2023 07:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29845

Actions (login required)

View Item View Item