Makna Logo Baru Bukalapak Sebagai Corporate Identity (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

Nabilla, Fatikha Jihan (2021) Makna Logo Baru Bukalapak Sebagai Corporate Identity (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015088_FATIKHA JIHAN NABILLA.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1706015088_FATIKHA JIHAN NABILLA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Logo menjadi bagian atribut visual yang sangat penting bagi perusahaan atau organisasi sebagai identitas dan pembeda antarkompetitor. Sebuah logo yang baik harus dapat merepresentasikan seluruh nilai dan visi misi perusahaan, maka setiap logo harus memiliki makna. Bukalapak merupakan salah satu perusahaan yang mengganti logonya sejalan dengan misi barunya. Disebut dengan nama si b yang menjadi logo baru Bukalapak.
Penelitian ini mengkaji tentang logo baru Bukalapak yaitu si b, logo unik yang memiliki tiga makna yaitu fun, strength dan excitement. Si b tidak lepas dari kreativitas desainer dan team branding Bukalapak yang mendesain si b sedemikian unik. Si b dapat berubah menjadi bantuk yang jika diputar sesuai dengan derajat yang telah ditentukan yaitu membentuk fun, strength dan excitement.
Peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori semiotika Charles Sanders Pierce. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, studi literatir dan wawancara. Teknik analisis data menggunaan analisis semiotika Charles Sanders Pierce yang terdiri darai representamen, object dan interpretan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diperbaharuinya logo agar lebih merepresentasikan misi barunya, Bukalapak menggunakan Si b yang diambil dari inisial Bukalapak yang terbagi atas tiga makna yaitu fun, strength dan excitement. Buka menjadi font khusus bagi typeface Bukalapak dan warna crimson yang memiliki makna yang sama dengan perusahaan Bukalapak. Bergantinya logo Bukalapak mempengaruhi identitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:29
Last Modified: 25 Oct 2023 07:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29750

Actions (login required)

View Item View Item