Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Afifah, Andini Nur (2023) Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of FEB_MNJ_1802025187_Andini Nur Afifah.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1802025187_Andini Nur Afifah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh rasio keuangan terhadap financial distress pada perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021
Variabel bebas yang diteliti adalah profitabilitas sebagai X1 (ROA), likuiditas sebagai X2 (CR), leverage sebagai X3 (DER) dengan variabel terikatnya adalah financial distress sebagai Y diukur menggunakan model Z”Score Altman modifikasi. Metod yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan.
Metode yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini ialah dengan SPSS 25. Pengolahan data menggunakan SPSS 25 ini menunjukkan hasil uji hipotesis secara parsial variabel profitabilitas (ROA) dan leverage (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress pada perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Sedangkan variabel likuiditas (CR) secara parsial berpengaruh positif terhadap financial distress. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan variabel profitabilitas (ROA), likuiditas (CR) dan leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap financial distress perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:45
Last Modified: 20 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29623

Actions (login required)

View Item View Item