Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di SD Negeri Pondok Bahar 5 Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang

Lubis, Kholilah (2021) Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di SD Negeri Pondok Bahar 5 Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037132_KHOLILAH LUBIS.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037132_KHOLILAH LUBIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di Sekolah Dasar Negeri Pondok Bahar 5 dari segi konteks, input, proses, dan
produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi konteks, perencanaan pendidikan karakter tertuang dalam visi, misi, dan tujuan SD Negeri Pondok Bahar 5 yang kemudian diintegrasikan ke dalam kurikulum dan diimplementasikan melalui proses pembelajaran dan pembiasaan, serta pengembangan diri secara terprogram
dan tidak terprogram. Dari segi input, dalam menyiapkan tenaga pendidik yang sesuai untuk melaksanakan dan menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didik, sekolah
memberikan pembekalan kepada semua guru dan staff yang dilakukan oleh pengawas setiap tiga bulan sekali, serta pantauan dan koordinasi dari kepala sekolah. Dari segi
proses, pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Pondok Bahar 5 sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak sekolah, meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, misalnya kurangnya kesadaran peserta didik akan kedisiplinan dan kemandirian. Dari segi hasil, evaluasi terhadap produk program pendidikan karakter menggambarkan bahwa pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SD Negeri Pondok Bahar 5 memiliki hasil yang baik, meskipun terdapat kendala dalam pelaksanannya. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut diantaranya melalui dukungan
dari orangtua karena penerapan pendidikan karakter akan lebih efisien jika ada kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orangtua agar pembiasaan-pembiasaan baik yang
dilakukan di sekolah dapat diterapkan pula di rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah, Model CIPP
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:41
Last Modified: 19 Sep 2023 03:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29075

Actions (login required)

View Item View Item