Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Cipulir 01 Jakarta Selatan

Pratiwi, Dian Ayu (2021) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Cipulir 01 Jakarta Selatan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1809037122_DIAN AYU PRATIWI.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1809037122_DIAN AYU PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri Cipulir 01 Jakarta Selata. Komponen implementasi kurikulum yang di evaluasi meliputi: (1) Kesiapan guru dalam merencanakan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran, (2) Pelaksanaan penilaian autentik, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri Cipulir 01 Jakarta Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi Stake Countenance Model’s. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan persiapan pembelajaran guru telah menyusun RPP dengan mengunduh RPP yang sudah disediakan di web kemendikbud dan disesuaikan dengan kondisi sekolah. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 guru sudah melaksanakan pembelajaran secara tematik integratif, menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik, dan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Dalam kegiatan pembelajaran metode yang digunakan guru sudah bervariasi, namun masih terbiasa dengan metode pembelajaran konvensional. Dalam penilaian pembelajaran Kurikulum 2013, guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penilaian Autentik yang digunakan guru antara lain pengamatan, penilaian diskusi, kinerja, portofolio dan tertulis. Ada beberapa kendala yang dihadapi dari penyesuaian penggunaan metode, kurangnya fasilitas sekolah, dan evaluasi yang cukup memberatkan guru. Pembuatan rapor juga menjadi kendala yang disebabkan kurangnya kemampuan guru dalam mendeskripsikan suatu penilaian dan dalam penggunaan tekhnologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:55
Last Modified: 18 Sep 2023 07:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29051

Actions (login required)

View Item View Item