Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar

Zulfadewina, Zulfadewina dan Mimin, Ninawati dan Nurafni, Nurafni Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. (Submitted)

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR]
Preview
Text (KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR)
KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sikap kerjasama sangat penting ditanamkan dalam diri siswa. Karena dengan munculnya rasa kerjasama dalam diri siswa akan membuat siswa mudah bersosialisasi dimanapun mereka
berada, selain itu akan menumbuhkan sikap terbuka dan mudah menerima perbedaan. Namun permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu sikap kerjasama antar siswa cenderung masih
rendah dan mementingkan ego masing-masing, tidak mau menerima saran dari teman, mendominasi di dalam kelompok, dan pasif pada saat mengerjakan tugas secara kelompok.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan Model Project Based Learning terhadap sikap kerjasama siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenis quasi eksperimental design. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design the one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 4 SDN Kebon Mannggis 01
Jakarta Timur, yang berjumlah 13 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data
menggunakan non tes yaitu lembar angket. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji non parametrik dengan formula Wilcoxon. Dari hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001. Hasil signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest setelah penggunaan model project based learning. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis 0 (H0) ditolak, yang berarti ada pengaruh model project based learning terhadap sikap kerjasama siswa sekolah dasar. Model project based learning terbukti efektif meningkatkan sikap kerjasama siswa sekolah dasar. Efektivitas tersebut ditunjukkan oleh nilai posttest yang lebih tinggi dari nilai pretest sikap kerjasama.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulfadewina Zulfadewina
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:58
Last Modified: 25 Aug 2023 02:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/28728

Actions (login required)

View Item View Item