Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 Bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta

Amaliyah, Nurrohmatul (2021) Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 Bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. Didaktika Tahuidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (1). pp. 43-54. ISSN 2550-0252

[thumbnail of Article Text]
Preview
Text (Article Text)
document.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of Korespondensi] Text (Korespondensi)
Korespondensi.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[thumbnail of Similarity Check] Text (Similarity Check)
Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 Bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.unida.ac.id/index.php/jtdik

Abstract

ujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan
penggunaan model pembelajaran 4.0 pada guru SD di wilayah
DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus.
Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner
dan wawancara. Dalam menganalisis data digunakan teknik
analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru
belum sepenuhnya menjadi mediator dan inspirator yang aktif
dalam pemanfaatan teknologi pada praktik pembelajaran era
4.0 di wilayah DKI Jakarta, kemudian praktik pembelajaran
masih berorientasi pada metode konvensional yang berpusat
pada guru, evaluasi pembelajaran pun belum berbasis media
interaktif karena terbatasnya kemampuan guru dalam
memanfaatkan penggunaan aplikasi interaktif berbasis
teknologi terbarukan. Kemudian faktor pendorong praktik
pembelajaran era revolusi industri 4.0 yaitu tersedianya sarana
pendukung pembelajaran berbasis internet, dukungan kepala
sekolah dan kemudahan dalam mengakses informasi dan
komunikasi. Kemudian faktor penghambat yang ditemukan
yaitu terbatasnya kemampuan guru dalam mengaplikasikan
teknologi pembelajaran, minat belajar siswa yang rendah dan
terbatasnya sarana pendukung yang dimiliki guru

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nurrohmatul Amaliyah
Date Deposited: 15 Jul 2023 07:00
Last Modified: 15 Jul 2023 07:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25996

Actions (login required)

View Item View Item