Motif Followers Mengakses Akun Instagram @Yudhistirawr

Fatimah Ayu, Nyimas (2020) Motif Followers Mengakses Akun Instagram @Yudhistirawr. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015152_NYIMAS FATIMAH AYU.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015152_NYIMAS FATIMAH AYU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media sosial memberi kemudahan kepada khalayak untuk memperoleh informasi. Media sosial yang populer digunakan adalah instagram. Instagram digunakan untuk mengunggah foto dan video mengenai beragam informasi salah satunya adalah mengenai kecantikan. Jika membahas mengenai kecantikan tentunya melekat kaitannya dengan wanita. Namun, hal ini berbeda dengan akun Instagram @Yudhistirawr, yaitu seorang pria yang memiliki hobi merias wajah dan selalu menunggah foto dan video mengenai kecantikan seperti tutorial make up, ulasan produk kecantikan, haircare dan beragam tips-tips lainnya. Akun Instagram @Yudhistirawr sudah memiliki 60200 Followers dan di setiap unggahan videonya ia bisa mendapatkan 50000 hingga 300000 penonton. Penulis meneliti tentang Motif Followers Mengakses Akun Instagram @Yudhistirawr. Tujuan penulis dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif followers mengakses akun instagram @yudhistirawr. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan konteks komunikasinya yaitu komunikasi massa. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratification. Asumsi dari teori ini bahwa pengguna mempunyai pilihan dalam menentukan media mana yang harus dipilih untuk memuaskan kebutuhannya. Dari asumsi tersebut maka followers memilih akun instagram @yudhistirawr sebagai pemenuhan kebutuhan dalam hal kecantikan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode survei. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 followers akun instagram @yudhistirawr. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif followers mengakses akun instagram @yudhistirawr berada pada kategori motif mengakses sedang dengan presentase (53%) cenderung tinggi (27%). Lalu berdasarkan dimensi, mayoritas responden motif informasi memiliki mean (214.615) tertinggi, dan mayoritas followers akun instagram @yudhistirawr berdasarkan jenis kelamin tertinggi berasal dari perempuan dengan presentase (96%). Artinya keinginan untuk mencari berita, mencari bimbingan praktis, memuaskan rasa ingin tahu, pendidikan diri sendiri serta menambah pengetahuan mengenai kecantikan diharapkan dalam motif followers mengakses akun instagram @Yudhistirawr.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:55
Last Modified: 21 Jun 2023 03:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25943

Actions (login required)

View Item View Item