MANAJEMEN KOMUNIKASI DAKWAH MASJID DALAM MEMBINA JAMAAH MILENIAL (STUDI KASUS MASJID NURUL IMAN BLOK M SQUARE)

Nursyamsiah, Dewi (2020) MANAJEMEN KOMUNIKASI DAKWAH MASJID DALAM MEMBINA JAMAAH MILENIAL (STUDI KASUS MASJID NURUL IMAN BLOK M SQUARE). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_DEWI NURSYAMSIAH_1406015160.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_DEWI NURSYAMSIAH_1406015160.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen komunikasi dakwah adalah proses koordinasi yang dibangun melalui interaksi antar manusia demi tercapainya tujuan dakwah. Digitalisasi dakwah menjadi salah satu cara agar pesan-pesan dakwah tetap bisa eksis dan menarik dikonsumsi oleh generasi pada masanya. Keberadaan masjid menjadi pusat kegiatan keagamaan berlaku di semua tempat, termasuk masjid dalam area mal. Pada umumnya, kendala masjid terletak pada tata kelola manajemen dalam organisasi, tidak memiliki jamaah tetap dan regenerasi yang lambat. Penelitian ini berupaya menjelaskan dan menganalisis manajemen komunikasi dakwah yang dilakukan oleh DKM Nurul Iman yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan berasal dari hasil wawancara, observasi, studi litelatur, dan dokumen pendukung lainnya. Aktifitas media sosial Masjid Nurul Iman Blok M Square pun tidak luput dari hal yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan manajemen komunikasi dakwah yang dilakukan oleh DKM Nurul Iman adalah berkat kerjasama dengan mitra-mitra dakwah, seperti mubalig, majelis taklim dan komunitas kajian yang dikelola oleh anak muda (milenial). Dalam setiap tahapan proses kegiatan mulai dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian, DKM Nurul Iman selalu mengajak mitra dakwah untuk berpartisipasi. Masjid sebagai fasilitator kegiatan dawah berkolaborasi dengan ide-ide kreatif milenial menghasilkan materi dakwah yang mampu merubah kecenderungan perilaku negatif milenial menjadi lebih konservatif dalam balutan nilai-nilai islami.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:32
Last Modified: 05 Jun 2023 07:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25459

Actions (login required)

View Item View Item