Rukmana, Diki (2014) INTEGRASI TAHAPAN LEARNING CYCLE DENGAN METODE INQUIRY LABS PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Preview |
Text
TESIS DIKI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Salah satu tujuan dikembangkannya kurikulum 2013 adalah perubahan proses pembelajaran (dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu) dengan berfokus pada pembentukan kemampuan kognitif dan keterampilan. Fakta di lapangan menunjukan bahwa pada beberapa aspek, proses pembelajaran fisika masih belum sesuai dengan prinsip-prinsip penerapan kurikulum 2013 sehingga berdampak pada pencapaian kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains yang masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian pre-experiment dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan
proses sains siswa sebagai impact diterapkannya integrasi tahapan learning cycle dengan metode inquiry labs pada pembelajaran fisika di SMK. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa dengan N-gain sebesar 0.57 dan 0.69 yang keduanya berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Diki Rukmana |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 06:54 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 06:54 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25384 |
Actions (login required)
View Item |