KONSEP DIRI SISWA KORBAN BULLYING DI SMK KARYA BAHANA MANDIRI BEKASI TIMUR (STUDI KASUS BULLYING DALAM KONTEKS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI)

Amin Hidayat, Kurnia (2021) KONSEP DIRI SISWA KORBAN BULLYING DI SMK KARYA BAHANA MANDIRI BEKASI TIMUR (STUDI KASUS BULLYING DALAM KONTEKS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015037_KURNIA AMIN HIDAYAT.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015037_KURNIA AMIN HIDAYAT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bullying merupakan kegiatan dimana suatu kelompok atau peseorangan melakukan tindakan yang menyakiti secara verbal dan non verbal, terkadang dijumpai dengan menyakiti secara fisik terhadap kelompok atau peseorangan yang lain. Riset ini memfokuskan bagaimana konsep diri yang dimiliki korban bullying dengan letak fokus penelitian ini adalah mengetahui konsep diri pada siswa korban bullying di SMK Karya Bahana Mandiri Bekasi Timur. Penelitian ini memfokuskan pada konsep diri (self) siswa korban yang pernah merasakan korban bullying di SMK Karya Bahana Mandiri Bekasi Timur dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dengan teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead untuk mengetahui simbol dan makna berdasarkan percakapan dan interaksi yang korban miliki berdasarkan interaksinya terhadap lingkungannya dan hal tersebut mempengaruhi konsep dirinya. Penelitian ini menggunakan landasan metodologi Interaksionisme Simbolik dengan jenis penelitian studi kasus melalui pendekatan kualitatif untuk memudahkan peneliti dapat menemukan konsep diri siswa korban bullying. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa yang pernah merasakan bullying di SMK KBM lalu peneliti menggunakan snowball sampling dan menemukan 3 informan (MISA,FUB dan RA) Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menggunakan konsep “I” dan “Me” interaksionisme simbolik George Herbert Mead. Konsep “Me” ketiga informan (MISA, FUB dan RA) menjadi seorang siswa di sekolah dan anak dalam sebuah keluarga sedangkan “I” ketika ketiga informan mendapatkan bullying yang mempengaruhi konsep dirinya. Subjek FUB memiliki konsep diri positif dari dua sisi “I” dan “Me”. Subjek MISA memiliki konsep diri negatif dari dua sisi “I” dan “Me”. Dari segi “I” Subjek RA memiliki konsep diri negatif di sisi “I” dan positif di sisi “Me”. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat atau kontribusi baik secara akademis hingga praktis pada penelitian selanjutnya dan juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat awam mengenai konsep diri pada korban bullying.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 27 May 2023 04:41
Last Modified: 27 May 2023 04:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25348

Actions (login required)

View Item View Item