PERSONAL BRANDING MARSHANDA (Analisis Isi Kulitatif pada Akun Instagram @Marshanda99 Melalui Konten #MarshedThought )

Haeruzihni, Intan (2020) PERSONAL BRANDING MARSHANDA (Analisis Isi Kulitatif pada Akun Instagram @Marshanda99 Melalui Konten #MarshedThought ). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015212_INTAN HAERUZIHNI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_1606015212_INTAN HAERUZIHNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Marshanda merupakan penderita bipolar yang bangkit dan berjuang untuk meneruskan karirnya menjadi figur publik. Melalui kontennya yang bertagar MarshedThought, Marshanda mengeluarkan gagasan-gagasan positif tentang kesehatan mental. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui proses terbentuknya personal branding pada konten #MarshedThought di Instagram @marshanda99.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, konsep personal branding serta teori manajemen kesan. Konsep serta teori ini berkaitan dengan upaya yang dilakukan Marshanda dalam membangun personal brandingnya pada konten #MarshedThought di instagram @marshanda99. Personal branding dibangun agar Marshanda mendapatkan kesan dan respon dari orang lain mengenai konten #MarshedThought.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan menggunankan metode analisis isi. Peneliti berusaha mengkonstruksi realitas dan memahami makna dari konten #MarshedThought, sehingga penelitian ini sangat memperhatikan proses, peristiwa, dan otensitas dari konten tersebut.
Melalui penelitian yang telah dilakukan, maka hasil penelitian menunjukan bahwa personal branding Marshanda di instagramnya @marshanda99 dalam menyebarkan konten tentang kesehatan mental melalui konten #MarshedThought memenuhi 7 dari 8 hukum personal branding yang digagas Peter Montoya yaitu, Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Terlihat, Kesatuan dan Nama Baik. Hukum yang menjadi kekuatan adalah hukum Spesialisasi serta memenuhi unsur setting, penampilan dan gaya bertingkah laku dari teori manajemen kesan Erving Govman menjadi sebuah kekuatan sehingga Marshanda berhasil menjadi motivator kesehatan mental.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 25 May 2023 08:04
Last Modified: 25 May 2023 08:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25330

Actions (login required)

View Item View Item