Pengaruh Penggunaan Leaflet Terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Pencegahan Anemia pada Remaja Putri Kelas X di SMAN 6 Depok yang Mendapat Penyuluhan Berupa Ceramah Tahun 2017

Fiandhini, Maulya (2017) Pengaruh Penggunaan Leaflet Terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Pencegahan Anemia pada Remaja Putri Kelas X di SMAN 6 Depok yang Mendapat Penyuluhan Berupa Ceramah Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1305015083_MAULYA FIANDHINI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1305015083_MAULYA FIANDHINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan remaja putri mengenai anemia remaja sangat perpengaruh terhadap perilaku. Semakin baik pengetahuan siswi terhadap anemia, akan semakin baik pula sikap yang akan dilakukan untuk mencegah anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap dalam pencegahan anemia pada remaja putri kelas X di SMAN 6 Depok yang mendapat penyuluhan berupa ceramah tahun 2017. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 Mei 2017 di SMAN 6 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain True Experiment dengan rancangan penelitian Pretest – Posttest With Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswi kelas X yang berjumlah 250 orang, sedangkan sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 50 orang. Cara pengambilan sampel yaitu dengan memilih responden secara random dari tiap kelas. Penelitian dilaksanakan dengan membagi sampel menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen masing masing dengan leaflet. Pengumpulan data dengan angket menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan skor pengetahuan, sikap, dan motivasi pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media leaflet. Pada kelompok kontrol tidak mengalami kenaikan hasil skor pengetahuan, sikap, dan motivasi, cenderung tetap pada proses penyuluhan sebelum dan sesudah. Berdasarkan hasil uji hubungan didapatkan variabel yang memiliki hubungan bermakna pada semua variabel, karna memiki Pvalue <0,05. Saran pada penelitian ini adalah agar pihak sekolah dapat mengingatkan pengetahuan para siswi mengenai bahaya anemia, sehingga siswi mampu mencegah anemia yang saat ini banyak terjadi dikalangan pelajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 16 May 2023 03:44
Last Modified: 16 May 2023 03:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25256

Actions (login required)

View Item View Item