Analisis Isi Kuantitatif Pesan Dakwah Dalam Serial Animasi Nussa Dan Rara Episode Compilation Volume 5

Kurniawan, Feri (2021) Analisis Isi Kuantitatif Pesan Dakwah Dalam Serial Animasi Nussa Dan Rara Episode Compilation Volume 5. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1406015144_ FERI KURNIAWAN.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1406015144_ FERI KURNIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejak adanya internet dan media baru (new media) terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam menggunakan media komunikasi. Perubahan ini berdampak pada produksi siaran bukan lagi menggunakan televisi sebagai media penyiaran tapi saat ini banyak menggunakan Youtube. Di mana Youtube mempunyai salah satu kanal serial animasi Nussa official yang menceritakan nilai keislaman dengan segmentasi penonton anak-anak, dengan 7 juta pengikut melebihi dari kanal serial animasi lain. Peneliti tertarik meneliti tentang bagaimana pesan dakwah dalam serial animasi Nussa dan Rara episode compilation volume 5?
Penelitian ini menggunakan paradigma Positivisme dan teori media baru (new media), teori isi media, dan strategi dakwah. Teori-teori ini digunakan untuk menemukan jawaban terhadap isi pesan dakwah yang terkandung dalam serial animasi Nussa dan Rara.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian analisis isi (Content Analysis). Pemilihan media yaitu Youtube dengan unit analisis Nussa Official pada episode compilation volume 5. Populasi 21 scene dan sampel penelitian 10 scene Nussa dan Rara episode compilation volume 5. Teknik pengumpulan data menggunakan koding data, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan riset kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan scene serial animasi Nussa dan Rara episode compilation volume 5 terdapat pesan dakwah di dalamnya, yaitu sebesar 92% dengan persentase isi pesan dakwah yang bertemakan akhlak dari setiap indikator yaitu amanah 10%, birrul walidain 20%, ikhlas 34%, sabar 20%, dan syukur 8%. Nilai ikhlas sebesar 34% merupakan indikator utama yang paling sering muncul dalam setiap scene mengenai isi pesan dakwah bertema akhlak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 12 May 2023 06:41
Last Modified: 12 May 2023 06:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item