Analisis Community Relations Pada Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Dalam Pengelolaan Sampah Di Desa Tanjung Burung

Syaban Pratama, Rizki (2021) Analisis Community Relations Pada Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Dalam Pengelolaan Sampah Di Desa Tanjung Burung. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1706015240 _RIZKI SYABAN PRATAMA.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1706015240 _RIZKI SYABAN PRATAMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi dalam masyarakat adalah permasalahan sampah. Salah satu Desa yang tercemar oleh sampah adalah Desa Tanjung Burung yang berada di Tangerang Banten. WIKA merupakan salah satu perusahaan BUMN yang telah melaksanakan program CSR dengan melakukan program pengelolaan sampah di Desa Tanjung Burung.
Penelitian ini menggunakan Teori Stakeholder yang menyatakan bahwa keberlanjutan perusahaan tidak terlepas dari peran stakeholder internal dan eksternal, dan latar belakang kepentingan masing-masing stakeholder yang berbeda. Penelitian ini juga menggunakan model perencanaan lima langkah, konsep CSR dan community relations dalam menghubungkan implementasi antara kegiatan CSR dan hubungan komunikasi yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, serta metode studi kasus. Subyek penelitian ini adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dalam pengelolaan sampah di Desa Tanjung Burung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori untuk memvalidasi data dari hasil temuan yang didapatkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Tanjung Burung telah cukup sadar akan kebersihan lingkungan dari hasil pengelolaan sampah yang dilakukan di Desa Tanjung Burung. Hubungan yang telah dilakukan antara WIKA dengan Edu Foundation dan BUMDes Tanjung Burung menunjukkan bahwa komunikasi yang terjadi selama ini dilakukan dengan baik. Hal itu dilakukan secara berkesinambungan dan dapat terjadi kapan saja. Proses komunikasi yang dibangun menunjukkan bahwa seluruh stakeholder terlibat aktif dalam pengelolaan sampah yang ada di Desa Tanjung Burung. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan CSR dan dapat menjadi perhatian masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 09 May 2023 07:13
Last Modified: 09 May 2023 07:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25201

Actions (login required)

View Item View Item