Pesan Moral Dalam Film Lemantun (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Sadewa, Boby (2021) Pesan Moral Dalam Film Lemantun (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1406015022_ BOBY SADEWA.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1406015022_ BOBY SADEWA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lemantun merupakan film kontroversi di kalangan penikmat film. Kenapa tidak? Dengan hanya menceritakan sebuah warisan dalam film ini, Lemantun mendapatkan banyak penghargaan seperti Asian-Netpac Film Festival (JAFF) 2014, Piala Maya 2015 dengan kategori film pendek terpilih, film pendek terbaik XXI short film festival 2015 dipilih oleh juri Indonesia Motion Picture Association (IMPAS). Film Lemantun ini menarik untuk diteliti terkait dengan pesan moral yang di sampaikan. Film yang diangkat dari kisah nyata sang sutradara ini banyak memberikan pesan moral yang mengambarkan keadaan sosial pada anak zaman sekarang dan bagaimana menganalisisnya dengan menggunakan semiotika Roland Barthes?.
Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini paradigma konstruktivis dapat dijelaskan melalui empat dimensi seperti diutarakan oleh Hidayat yaitu epitemologis, ontologis, metodologis dan aksiologis. Teori yang digunakan yaitu teori analisis semiotika Roland Barthes, karena dalam Barthes tidak sekedar mengurai makna denotatif, konotatif dan mitos akan tetapi mengkaitkannya dengan pesan moral.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan analisis semiotika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Dalam proses analisis data digunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menunjukan pesan moral dan makna yang terkandung dalam film Lemantun.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara denotatif pesan moral yang terdapat di dalam film Lemantun adalah inferior, secara konotatif yaitu superioritas dan inferioritas Kemudian pesan moral tersebut dikaitkan dengan mitos berupa merepotkan, sehingga inti keseluruhan pesan moral dalam film Lemantun adalah berbakti kepada orangn tua.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 08 May 2023 07:46
Last Modified: 08 May 2023 07:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25198

Actions (login required)

View Item View Item