Hubungan Perhatian kepada Program Tangerang Magrib Mengaji dan Belajar dengan Motivasi Mengaji (Survei terhadap warga Sirnagalih, RT 005/RW 001, Neglasari, Kota Tangerang)

Adzmi, Fauzan (2018) Hubungan Perhatian kepada Program Tangerang Magrib Mengaji dan Belajar dengan Motivasi Mengaji (Survei terhadap warga Sirnagalih, RT 005/RW 001, Neglasari, Kota Tangerang). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1206015034_ FAUZAN ADZMI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1206015034_ FAUZAN ADZMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Tangerang Magrib Mengaji dan Belajar merupakan program Pemerintah Kota Tangerang yang dicanangkan untuk masyarakat Kota Tangerang dengan tujuan membentuk masyarkat Kota Tangerang yang cerdas dan berakhlak mulia. Perumusan masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana hubungan perhatian kepada Program Tangerang Magrib Mengaji dan Belajar dengan motivasi mengarahkan anak untuk mengaji?”.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah stimulus organisme response dan teori AIDDA untuk menjelaskan bagaimana reaksi balik dari individu ketika menerima stimuli dari media. Penelitian ini menjelaskan bagaimana hubungan perhatian kepada Program Tangerang Magrib Mengaji dan Belajar apakah berpengaruh terhadap motivasi mengarahakan anak untuk mengaji.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat eksplanatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei eksplanatif (analitik). Populasi dalam penelitian adalah ibu-ibu Sirnagalih RT 005/RW 001, Neglasari, Kota Tangerang sebesar 114 orang. Sampel yang didapat sebanyak 114 orang dengan mengukur menggunakan total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden secara langsung, yaitu ibu-ibu Sirnagalih RT 005/RW 001, Neglasari, Kota Tangerang. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan uji korelasi.
Hasil uji korelasi Pearson’s Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) sebesar 0,677, berdasarkan tabel Guilford termasuk dalam interval koefisien 0,600 – 0,799 dimana tingkat keeratan korelasi termasuk kuat, nilai signifikan pada 0,01 dan lebih kecil dari pada 0,05 artinya bahwa terdapat korelasi positif antara perhatian kepada Program Tangerang Magrib Mengaji dan Belajar dengan motivasi mengarahkan anak untuk mengaji.
Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan agar menggunakan teori kognitivisme pada ibu-ibu Sirnagalih, sehingga dapat mengedepankan proses belajar pada anak untuk mengaji dan belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 08 May 2023 04:31
Last Modified: 08 May 2023 04:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25195

Actions (login required)

View Item View Item