Motif Followers Mengakses Konten Anti Bullying pada Sudahdong.com

Sabilla, Fahmy (2019) Motif Followers Mengakses Konten Anti Bullying pada Sudahdong.com. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1206015031_ FAHMY SABILLA.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1206015031_ FAHMY SABILLA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sudah Dong adalah sebuah gerakan anti bullying Indonesia yang diinisiasi oleh Katyana Wardhana dan sekelompok anak muda. Gerakan ini muncul karena banyaknya kasus bullying di Indonesia dan belum ada sebuah gerakan yang masif untuk menghentikan ini. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana motif followers mengakses konten anti bullying pada situs Sudahdong.com?”.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori uses and gratifications untuk menjelaskan bagaimana individu menggunakan atau mengonsumsi media dan efek apa yang ditimbulkannya. Dalam penelitian ini, followers mengakses sistus Sudahdong.com untuk mendapatkan motif berupa mencari informasi tentang anti bullying.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian adalah pengakses atau member situs Sudahdong.com yang berjumlah 1859 orang. Sampel yang didapat sebanyak 95 orang dengan mengukur menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu pengakses atau member situs Sudahdong.com. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan uji statistic deskriptif. Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan mengenai motif followers mengakses konten anti bullying pada situs Sudahdong.com bahwa mayoritas responden mempunyai motif yang berada pada kategori sedang dalam mengakses konten anti bullying pada situs Sudahdong.com dengan skor sebesar 193,67087 yang berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 05 May 2023 08:15
Last Modified: 05 May 2023 08:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25176

Actions (login required)

View Item View Item