Pengaruh Pesan Dakwah Melalui Media Sosial Terhadap Sikap Optimis Remaja (Survey pada Peserta Sharing Time Menara 165 Jakarta Selatan)

Juwita Wulandari, Devi (2020) Pengaruh Pesan Dakwah Melalui Media Sosial Terhadap Sikap Optimis Remaja (Survey pada Peserta Sharing Time Menara 165 Jakarta Selatan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015126_ DEVI JUWITA WULANDARI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1606015126_ DEVI JUWITA WULANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konten-konten yang ada pada media sosial instagram @hanan_attaki sangat berpengaruh pada remaja yang sedang mengalami putus asa akan hidupnya. Karena, dalam konten tersebut remaja akan mendapatkan motivasi-motivasi yang sesuai dengan ajaran islam, menggunakan visual yang estetikanya sangat bagus, serta durasi yang singkat tetapi dapat maknanya. Maka dari itu, beberapa remaja merasakan adanya ketenangan dalam batinnya dan bersemangat untuk optimis setelah mendengarkan konten-konten yang telah di posting pada instagram ustad @hanan_attaki. “Pengaruh Pesan Dakwah Melalui Media Sosial Terhadap Sikap Optimis Remaja (Survey Pada Peserta Sharing Time Menara 165 Jakarta Selatan)”.
Paradigma yang di gunakan peneliti adalah positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori S-O-R Stimulus Organisme Response, model AIDDA. Menurut teori ini, efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terdapat stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksplanatif seorang peneliti membutuhkan definisi konsep, kerangka konseptual dan kerangka teori. Teknik pengumpulan data dengan survey dan kuesioner, populasi dalam penelitian adalah 500 peserta sharing time di menara 165 Jakarta dengan sampel sebanyak 83 peserta yang mengakses dan menonton konten akun @hanan_attaki dan diukur dengan menggunakan rumus Taro Yamane.
Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson’s Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) senilai 0,743 melalui perhitungan uji pearson linearitas. Berdasarkan tabel Guilford, tingkat keeratan korelasi antara variabel X dan Y masuk dalam kategori sedang, dengan nilai signifikan pada 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menyatakan bahwa terdapat korelasi yang positif pada Variabel X dan Variabel Y. Ditandai dengan adanya pengaruh Pesan dakwah yang di sampaikan akun @hanan_attaki sebagai nasihat agar bergantung pada Allah dan Setelah mengakses akun instagram @hanan_attaki, mereka menyadari bahwa mereka masih memiliki kesempatan untuk menjadi orang yang berhasil di masa depan.
Kata Kunci: Pengaruh, Dakwah, Media Sosial, Instagram, Remaja

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 03 May 2023 07:29
Last Modified: 03 May 2023 07:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25144

Actions (login required)

View Item View Item