Putri, Nurulita Purnama dan Kusdiwelirawan, Acep (2022) PERBANDINGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Nurulita Purnama Putri.pdf Download (711kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep
fisika yang diajarkan dengan menggunakan model Flipped Classroom pada peserta
didik kelas X SMA Negeri 1 Cijeruk. Untuk mengetahui kemampuan pemahaman
konsep fisika yang diajarkan dengan menggunakan model Direct instruction pada
peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cijeruk. Untuk mengetahui perbedaan
kemampuan pemehaman konsep peserta didik yang diajarkan dengan
menggunakan model Flipped Classroom dan model Direct Instruction pada peserta
didik kelas X SMA Negeri 1 Cijeruk. Adapun desain dalam penelitian ini adalah
True Experimantal Design dengan menggunakan pre-test-post-testt control group
design. Dimana akan diambil dua kelas untuk diteliti, yaitu kelas eksperimen dan
kelas kontrol yang keduanya dipilih secara acak (random). Populasi target dalam
penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Cijeruk. Populasi terjangkau pada penelitian
ini adalah kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1
Cijeruk. Pengumpulan data diambil dengan tes dalam bentuk essay. Teknik analisi
data menggunakan Uji normalitas yang digunakan adalah uji Chi Square, Uji
homogenitas yang digunakan adalah uji Fisher, dan uji hipotesis menggunakan ujit.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kemampuan pemahaman konsep fisika
peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Cijeruk dengan menggunakan model
Flipped Classroom nilai rata-rata pre-test (26.04) dan nilai rata-rata post-test
(73.79) Kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X MIPA 1 SMA
Negeri 1 Cijeruk dengan menggunakan model Direct instruction nilai rata-rata pretest
(25.64) dan nilai rata-rata post-test (65.90) Terdapat perbedaan yang signifikan
antara kemampuan pemahaman konsep fisika menggunakan model Flipped
Classroom dan model Direct instruction, berdasarkan hasil uji hipotesis
menggunakan uji t terhadap hasil Post-test, hasilnya !!"#$%& sebesar 2,48 dan nilai
!#()*+ sebesar 2.00. Berdasarkan hasil perhitungan !!"#$%& > !#()*+, maka Ha
diterima dan Ho ditolak. Maka, kesimpulan yang didapatkan menunjukan bahwa
penerapan model Flipped Classroom lebih efektif dibandingkan dengan model
Direct instruction dilihat dari kemampuan pemahaman konsep setelah diberi
perlakuan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works L Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 09:05 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25100 |
Actions (login required)
View Item |