PENGEMBANGAN MODEL TEACHER CENTERED LEARNING (TCL) MELALUI INTEGRASI PROPHETIC

Sari, Nuraeni Nanda dan Ermawaty, Imas Ratna (2022) PENGEMBANGAN MODEL TEACHER CENTERED LEARNING (TCL) MELALUI INTEGRASI PROPHETIC. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Nuraeni Nanda Sari.pdf]
Preview
Text
Nuraeni Nanda Sari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Teacher Centered Learning (TCL) melalui integrasi prophetic. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Bekasi dan SMA Negeri 17 Bekasi dimana respondennya adalah peserta didik kelas XI MIPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan desain model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tim ahli materi sebesar 80.34% (baik) dan tim ahli media sebesar 73.92% (cukup baik) pada tahap pertama serta nilai rata-rata tim ahli materi sebesar 88.28% (sangat baik) dan tim ahli media sebesar 86.78 (sangat baik) pada tahap kedua. Selanjutnya, hasil ujicoba pada kelompok kecil sebesar 86.25% (sangat baik) dan kelompok besar sebesar 87.11% (sangat baik). Kemudian, nilai rata-rata kebermanfaatan model pada kelompok kecil sebesar 81.38% dan kelompok besar sebesar 82.48% dengan kategori keduanya baik sehingga terlihat beberapa sikap yang menonjol dari dalam diri peserta didik. Capaian sikap ini mengacu pada sifat prophetic, yaitu Shidiq dan Amanah. Aspek sikap yang menunjukkan sifat shidiq, diantaranya tidak meniru jawaban saat ulangan, tidak menyalin pekerjaan orang, berani memberikan informasi dengan tepat, dan berani memberikan argumen dengan baik. Sedangkan, sifat amanah ditunjukkan oleh aspek sikap, seperti mengerjakan tugas dengan baik, berperan aktif dalam kelompok, dan mengerjakan sesuatu yang diperintahkan. Dengan demikian, penerapan model TCL dalam pembelajaran mampu meninjau sifat prophetic peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan model Teacher Centered Learning (TCL) melalui integrasi prophetic layak diterapkan dalam pengajaran blended learning.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25098

Actions (login required)

View Item View Item