Pengembangan Tes Five-Tier Multiple Choice Berbasis Hots dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Melingkar

Kharisma, Nassa dan Kusdiwelirawan, Acep (2022) Pengembangan Tes Five-Tier Multiple Choice Berbasis Hots dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Melingkar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Nassa Kharisma.pdf]
Preview
Text
Nassa Kharisma.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dengan menggunakan instrumen yang telah dikembangkan yakni Tes Five-Tier Multiple Choice Berbasis HOTS dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Melingkar. Telah dilakukan pengujian validitas, realibilitas pada tes five-tier multiple choice dengan tujuan menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik pada materi gerak melingkar. Tes ini berbentuk five-tier multiple choice atau pilihan ganda lima tingkat dimana tes ini memiliki lima tingkatan pada setiap butir soal yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dari penelitian ini yakni peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 98 Jakarta serta peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 88 Jakarta dan SMA Negeri 106 Jakarta. Instrumen yang dihasilkan dari penelitian ini yakni kisi‐kisi instrumen tes, pedoman penskoran, dan instrumen tes Five-Tier Multiple Choice yang telah dikembangkan. Validasi dilakukan oleh para ahli telaah pakar baik pada aspek materi dan evaluasi pada tahap pertama menyatakan bahwa instrumen tes layak diuji cobakan dengan sedikit revisi. Sedangkan pada tahap kedua atau tahap akhir didapatkan persentase penilaian dari ahli materi sebesar 86% (sangat baik) dan oleh ahli evaluasi sebesar 86% (sangat baik). Selain itu dilakukan juga uji kelayakan pada peserta didik dan didapatkan hasil akhir sebesar 82% (sangat baik). Hasil uji coba menyatakan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik sebagai berikut 27% sangat tinggi, 26% tinggi, 33% cukup tinggi, dan 14% rendah. Dimana pada kategori sangat tinggi, tinggi, dan cukup tinggi mengalami kenaikan 0,3%, sedangkan kategori rendah mengalami penurunan 1%. Dengan indikator kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik yakni 52% (cukup) pada indikator menginterpretasi, 71% (tinggi) pada indikator mengevaluasi, 46% (cukup tinggi) pada indikator menginferensi, 68% (tinggi) pada indikator mengeksplikasi, dan 49% (cukup tinggi) pada indikator meregulasi diri. Secara keseluruhan indikator mengalami kenaikan 35%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen Tes Five-Tier Multiple Choice Berbasis HOTS dan Kemampuan Berpikir Kritis ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25095

Actions (login required)

View Item View Item