PENGARUH PENDEKATAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CLASSCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS

Faidah, Maurina Nur dan Suminten, Nyai (2022) PENGARUH PENDEKATAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CLASSCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Maurina Nur Faidah.pdf]
Preview
Text
Maurina Nur Faidah.pdf

Download (972kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik dengan pendekatan gamifikasi menggunakan Classcraft pada peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.
Instrumen soal berupa 40 butir soal pilihan ganda. Uji validitas menggunakan rumus product moment correlation (Pearson) sehingga diperoleh 22 soal valid dan 18 soal drop. Sedangkan rumus yang digunakan dalam pengujian reliabilitas yaitu Spearman-Brown memperoleh nilai 0,758 dengan tingkat reliabilitas tinggi. Selain itu, instrumen juga diuji daya beda dan taraf kesukaran pada tiap butir soal. Total soal yang digunakan dalam penelitian berjumlah 15 butir soal.
Data penelitian dianalisis uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Pengujian normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk diperoleh untuk kelas eksperimen nilai sig. data pretest 0,146 > 0,05 maka data terdistribusi normal; nilai sig. data posttest 0,004 < 0,05 maka data tidak terdistribusi normal; untuk kelas kontrol nilai sig. data pretest 0,150 > 0,05 dan data posttest 0,140 > 0,05 maka kedua data terdistribusi normal. Sedangkan uji Levene digunakan untuk pengujian homogenitas, diperoleh nilai sig. data pretest 0,509 > 0,05 dan data posttestt 0,191 > 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa varian data pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah homogen.
Uji hipotesis menggunakan uji U Mann-Whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan gamifikasi menggunakan Classcraft berpengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada pada materi elastisitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25093

Actions (login required)

View Item View Item