Nurlita, Andreny Dwi dan Hartini, Tri Isti (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PhET DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMAN 106 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Andreny Dwi Nurlita.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PhET pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada materi alat-alat optik di SMAN 106 JAKARTA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Non-equivalen Control Group Design. Teknik penggunaan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 40 peserta didik pada masing-masing kelasnya, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrument soal yang digunakan adalah instrument soal essay sebanyak 10 soal yang sudah melalui uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hal ini juga didukung dengan hasil analisis pengolahan N-Gain diperoleh bahwa hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning berbantuan media PhET berada pada kategori tinggi sedangkan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh setelah diberikan model problem based learning berbantuan media PhET colorado
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works L Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 09:05 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25086 |
Actions (login required)
View Item |