Pengaruh Online Learning Menggunakan Buku Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika

Agustina, Wardah dan Ermawaty, Imas Ratna (2021) Pengaruh Online Learning Menggunakan Buku Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Wardah Agustina.pdf]
Preview
Text
Wardah Agustina.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran online learning menggunakan buku digital terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Tangerang pada materi Elastisitas dengan jumlah sampel pada penelitian sebanyak 41 siswa yang berasal dari kelas XI MIA 4. Metode penelitian pre experiment dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Data penelitian hasil belajar siswa didapatkan menggunakan instrument test pilihan ganda yaitu pretest-postest, yang kemudian di analisis menggunakan Uji T. Hasil analisis data penelitian menghasilkan bahwa thitung = 24,7 > ttabel (0,05) = 2,021 dan ttabel (0,01) = 2,704 sehingga disimpulkan Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika siswa dalam pretest dan posttest setelah sebelum diberikan treatment pembelajaran online learning dengan setelah diberikan treatment pembelajaran online learning menggunakan buku digital pada materi Elatisitas. Untuk hasil rata – rata pada peningkatan hasil belajar siswa pada pretest 42,31 dan posttest 91,95 dimana terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada saat pretest dan posttest. Maka, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran online learning menggunakan buku digital dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 2 Tangerang dalam pembelajaran Fisika, sehingga disarankan kepada pihak sekolah bahwa untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber belajar Fisika dalam proses pembelajaran online learning untuk memberikan pembelajaran yang optimal. Sehingga berdasarkan penelitian serta analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran online learning menggunakan buku digital dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa dalam materi Elastisitas, dilihat hasil belajar siswa dalam posttest lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dalam pretest.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25083

Actions (login required)

View Item View Item