Pengembangan Tes Metakognotif Berbasis Open Ended Test Pda Mata Pelajaran Fisika Materi Hukum Newton

Addawiyah, Ida Roosyidah dan Suminten, Nyai (2021) Pengembangan Tes Metakognotif Berbasis Open Ended Test Pda Mata Pelajaran Fisika Materi Hukum Newton. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of IDA ROOSYIDAH ADDAWIYAH.pdf]
Preview
Text
IDA ROOSYIDAH ADDAWIYAH.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif pada peserta didik dengan menggunakan instrument yang telah dikembangkan yaitu Tes Metakognitif Berbasis Open Ended Test Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Hukum Newton. Pada tes ini dilakukan untuk menentukkan validitas, realibilitas pada tes metakognitif dengan menganalisis sejauh mana kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif yang dimiliki oleh para peserta didik pada materi hukum newton. Tes Metakognitif ini sendiri berbasis open ended test yang dimana memiliki proses pengerjaan lebih dari satu alternatif pengerjaan dengan satu jawaban yang benar. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian R&D (Research and Development). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA di SMAN 17 Kota Bekasi dan SMAN 3 Kota Bekasi. Instrumen yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu diantaranya terdiri dari kisi-kisi instrument tes, Pedoman penskoran, dan Instrumen Tes Metakognitif yang telah dikembangkan. Judgement yang dilakukan oleh para ahli telaah pakar baik materi dan evaluasi pada tahap pertama menyatakan bahwa instrument tes layak diuji cobakan dengan sedikit revisi. Sedangkan pada tahap kedua atau tahap akhir didapatkan persentase penilaian dari ahli materi sebesar 83% (sangat baik) dan oleh ahli evaluasi sebesar 87% (sangat baik). Selain itu dilakukan juga uji kelayakan pada siswa dan didapatkan hasil akhir sebesar 75% (baik). Temuan dilapangan menyatakan kemampuan metakognitif peserta didik sebagai berikut 3% sangat baik, 22% baik, 27% cukup, 38% kurang dan 3% sangat kurang sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif didapatkan 25% kreatif, 20% cukup kreatif, dan 55% kurang kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya instrument test metakognitif berbasis open ended test ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25072

Actions (login required)

View Item View Item