PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Julianingsih, Dea dan Laksanawati, Wahyu Dian (2021) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of DEA JULIANINGSIH.pdf]
Preview
Text
DEA JULIANINGSIH.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan google
classroom melalui model discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika
peserta didik pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan pada
semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu Pre-Experimental Desain dengan jenis penelitian One-Grup Pretest-
Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA di SMA
Negeri 3 Tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple
random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 72 peserta didik pada kelas
X MIPA 1 dan X MIPA 2, sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan
adalah instrumen soal essay sebanyak 10 soal yang sudah melalui uji validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Kemudian data tersebut
dianalisis dan diuji menggunakan uji-F. Hasil uji hipotesis didapatkan
dan , maka dapat disimpulkan . Sehingga
dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ( ) ditolak dengan kata lain menerima
hipotesis alternatif ( ) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan google classroom pemberian model pembelajaran
discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi
momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25067

Actions (login required)

View Item View Item