Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Berbantu Media Interaktif Articulate Storyline (AS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Selama Pembelajaran Daring

Novianti, Ayu dan Sugianto, Sugianto (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Berbantu Media Interaktif Articulate Storyline (AS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Selama Pembelajaran Daring. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Ayu Novianti.pdf]
Preview
Text
Ayu Novianti.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan berbantu media
pembelajaran interaktif Articulate Storyline terhadap hasil belajar Fisika selama
pembelajaran daring pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ciampel Karawang pada
semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi
eksperimen dengan desain noneequivalent control group design. Jenis
pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel yang
digunakan sebanyak 25 peserta didik untuk masing-masing kelas, baik kelas
eksperimen maupun kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen
soal essay sebanyak 10 soal yang sudah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat
kesukaran dan daya pembeda. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji
normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran pada taraf signifikan
diperoleh maka dapat disimpulkan
bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan
menggunakan uji Bartlett pada taraf signifikan diperoleh
, maka dapat disimpulkan bahwa data yang didapat berasal dari
populasi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t pada taraf signifikan
dan dengan hasil
, maka dan yang menyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation berbantu media interaktif Articulate Storyline terhadap hasil
belajar Fisika selama pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item