Pengaruh Pemberian Reward Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA At Taqwa

Pangestu, Anggi Dina dan Hidayat, Mirza Nur (2021) Pengaruh Pemberian Reward Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA At Taqwa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of ANGGI DINA.pdf]
Preview
Text
ANGGI DINA.pdf

Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan lapangan berdasarkan dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada penididik dan peserta didik di SMA AT-Taqwa Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemberian reward yang diiringi penggunan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMA AT-Taqwa Bekasi Metode penelitian One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah non random sampling. Pada uji validitas menggunakan soal fisika sebanyak 34 soal pilihan ganda dengan 20 soal valid dan 14 soal drop. Pada saat uji reabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach memperoleh
, maka dilihat dari hasil uji reabilitas tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen tersebut reliable. Dari perhitungan uji kesukaran yang dilakukan diketahui soal yang termasuk dalam taraf mudah sebanyak 12 soal, soal yang termasuk dalam taraf sedang sebanyak 8 soal, dan taraf sukar sebanyak 0 soal. Pada uji daya pembeda diketahui bahwa terdapat 2 soal yang masuk dalam taraf kurang, 1 soal taraf cukup baik, 7 soal taraf baik, dan 10 soal taraf sangat baik. Setelah dilakukannya pretest dan posttest disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Selanjutnya pada uji normalitas dengan menggunakan uji normalitas Kolmogrov-smirnov diperoleh signifikansi hitung sejumlah 0,051 pada pretest dan 0,143 pada posttest, maka pengujian dari kedua test dikatakan nomal. Uji homogenitas yang dilakukan dengan menggunakan uji levene dapat disimpulkan bahwa data yang didapat homogen karna signifikansi hitung > taraf signifikansinya (0,05). Pada uji hipotesis yang menggunakan uji gain dapat dilihat adanya peningkatan yang signifikan dari penelitian pengaruh pemberian reward dengan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA At-Taqwa Bekasi, maka dari itu
diterima dan
ditolak karena hasil dari thitung lebih kecil dari pada ttabel.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item View Item