KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA SMA

Amalia, Amel dan Murwitaningsih, Susanti (2022) KUALITAS INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Amel Amalia.pdf]
Preview
Text
Amel Amalia.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen evaluasi hasil belajar biologi kelas XI IPA SMA di Kecamatan Muncang Lebak-Banten pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini ialah instrumen evaluasi hasil belajar di SMAN 1 Muncang Lebak-Banten yang disusun oleh guru. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini merupakan teknik purposive sampling yaitu sampel yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Objek penelitian ini berupa 3 instrumen tes yang digunakan Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester. Instrumen yang digunakan adalah skala penilaian uji validitas Aikens V pada uji validitas isi dengan skala 1 sampai dengan 4, yang terdiri dari 7 aspek penilaian. Data yang diperoleh dari hasil analisis validitas empiris 60% soal tergolong valid pada Penilaian Harian, 75% tergolong valid pada Penilaian Tengah Semester, dan 88% tergolong valid pada Penilaian Akhir Semester. Indeks relibilitas Penilaian Harian menunjukkan kriteria sangat rendah, pada soal Penilaian Tengah Semester menunjukkan kriteria sangat tinggi, dan pada soal Penilaian Akhir Semester menunjukkan kriteia tinggi. Ditinjau dari indeks kesukaran pada Penilaian Harian didapatkan indeks kesukaran sedang 88%, pada soal Penilaian Tengah Semester indeks kesukaran sedang 45%, dan pada soal Penilaian Akhir Semester indeks kesukaran sedang 64%. Ditinjau dari segi daya pembeda didapatkan daya pembeda sangat jelek 40% pada Penilaian Harian, pada soal Penilaian Tengah Semester didapatkan daya pembeda sangat jelek 92%, dan pada soal Penilaian Akhir Semester didapatkan daya pembeda sangat jelek 40%. Kemudian ditinjau dari segi keberfungsian pengecoh pada Penilaian Harian keberfungsian pengecoh sangat baik 76%, pada soal Penilaian Tengah Semester didapatkan keberfungsian pengecoh sangat baik 47%, pada soal Penilaian Akhir Semester didapatkan keberfungsian pengecoh sangat baik 84%. Secara validitas isi dari hasil penskoran rata-rata terdapat 5 aspek penilaian dengan skor tinggi dan 2 aspek dengan skala rendah yaitu aspek penilaian nomor 4 dan 5. Dapat disimpulkan bahwa instrumen tes evaluasi hasil belajar biologi kelas XI IPA SMA di Kecamatan Muncang Lebak-Banten memiliki kualitas cukup baik secara logic dam empiris.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:03
Last Modified: 10 Jul 2023 09:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25032

Actions (login required)

View Item View Item