EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MASA PANDEMI DI SMPN 2 TANGERANG SE

Yasmin, Pramita dan Murwitaningsih, Susanti (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MASA PANDEMI DI SMPN 2 TANGERANG SE. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Pramita Yasmin.pdf]
Preview
Text
Pramita Yasmin.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 sangat mempengaruhi pendidikan Indonesia saat ini. Salah satu ciri pendidikan 4.0 adalah pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran dan penyesuaian kurikulum baru sesuai dengan situasi saat ini. Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19, oleh karena itu pemerintah menetapkan peraturan implementasi work from home guna mencegahan penyebaran Covid-19. Google Classroom merupakan salah satu media untuk pembelajaran jarak jauh terutama pada mata pelajaran IPA, hal tersebut perlu adanya pengukuran guna mengetahui efektivitas pembelajaran pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tangerang Selatan sebanyak 100 siswa yang ditentukan dengan Quota Sampling.
Instrumen yang digunakan adalah (1) angket tentang efektivitas pembelajaran IPA dengan Google Classroom dengan pilihan jawaban berdegrasi skala likert dan telah divalidasi ahli (2) wawancara. Pada Uji validitas dengan menggunakan rumus Pearson sebanyak 41 pernyataan dengan 35 soal pernyataan valid dan 6 soal pernyataan tidak valid. Sedangkan pada uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung = 0,897 > rtabel = 0,6, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel.
Berdasarkan uji prosentase hasil penelitian terhadap pembelajaran IPA yang dilakukan dengan Google Classroom dalam masa pandemi di SMPN 2 Tangerang Selatan efektif dilihat dari beberapa indikator (1) kualitas pembelajaran 76.05%, (2) Kesesuaian Tingkat Pembelajaran 81.25%, (3)Insentif 68.36%, (4) Waktu 77.15%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:02
Last Modified: 10 Jul 2023 09:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25017

Actions (login required)

View Item View Item